4 Agustus 2009

Pembelajaran Bermakna di SD

Dalam sebuah artikel di http://warnadunia.com/artikel-pendidikan-pembelajaran-berbasis-internet-untuk-meningkatkan-mutu-pendidikan-pada-siswa-sekolah-dasar/ dengan judul  Pembelajaran Berbasis Internet Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Siswa Sekolah Dasar, menyebutkan bahwa Beberapa metode yang dapat dilakukan oleh guru, diantaranya: diskusi, demonstrasi, problem solving, inkuiri, dan descoveri. Guru memberikan topik tertentu pada siswa, kemudian siswa mencari hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut dengan mencari (down load) dari internet. Guru juga dapat memberikan tugas-tugas ringan yang mengharuskan siswa mengakses dari internet, suatu misal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dapat mencari karya puisi atau cerpen dari internet. Siswa juga dapat belajar dari internet tentang hal-hal yang up to date yang berkaitan dengan pengetahuan. Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari suatu peristiwa muthakir dari internet kemudian mendiskusikannya di kelas, lalu siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tersebut.
Metode-metode tersebut dapat dilakukan guru dengan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa semakin senang, tertarik untuk mempelajarinya sehingga proses pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran yang bermakna.
Itu merupakan contoh dari penerapan pembelajaran bermakna pada siswa SD. Intinya siswa dilatih dan diajak untuk menemukan pemecahan masalahnya sendiri dengan memanfaatkan berbagai media yang ada, misalnya internet.

Sebenarnya pembelajaran bermakna bukan hanya terbatas pada internet, pembelajaran bermakna dapat melalui berbagai macam sumber/media. Metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) misalnya, dapat diterapkan untuk mencapai pembelajaran bermakna. Tentunya kita ingat dengan semboyan dari China "apa yang aku dengar aku lupa, apa yang  aku lihat aku ingat, apa yang aku lakukan aku paham". Maksudnya lebih kurang, ketika kita belajar hanya dengan mendengar maka lebih cepat kita lupakan, apabila kita belajar dengan melihat dan mendengar membuat kita ingat dengan apa yang kita pelajari, dan jika ketika belajar, kita mendengar, melihat dan melakukan maka apa yang kita pelajari akan membuat kita menjadi paham. Inilah yang bermakna.

Good luck Pembelajaran Bermakna "at Elementary School"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program PKP berbasis Zonasi

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi Dalam beberapa bulan terakhir, banyak guru dari SD dan SMP yg mengikuti Peningkatan K...