Pembelajaran bernuansa PAIKEM/PAKEMI telah lama di sosialisasikan dan diimplementasikan. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah tidak jarang, maaf ada guru yang belum menerapkan. Hal ini mungkin disebabkan guru mempunyai beberapa alasan, diantaranya; merasa ruang belajar di kelas tdk memungkinkan menggunakan metode PAKEMI karena jumlah siswa yang terlalu banyak dan bangku yang berhimpitan, atau mungkin guru merasa dg penerapan metode tersebut materi tidak dapat tersampaikan maksimal, atau mungkin guru merasa ada keterbatasan alat penunjang/ media pembelajaran di sekolah, mengganggu kelas sebelah karena cenderung ramai, dan lain-lain.
Padahal apabila diperhatikan dari kaca mata siswa, siswa merasa lebih termotivasi dan semangat dalam proses pembelajaran. Meski, memang tidak dapat dipungkiri siswa cenderung ramai atau riuh selama pembelajaran. Tapi ramai/riunya dalam rangka belajar.
Berangkat dari kondisi riil di atas, sepertinya selalu diperlukan upaya penyegaran dan pengembangan penerapan pembelajaran yang bernuansa PAKEMI/PAIKEM. Kegiatan sejenis Workshop Pengimbasan diharapkan dapat memacu kembali semangat kita untuk lebih semangat membelajarkan siswa. Berdasarkan kegiatan pengimbasan di sekolah, kita diingatkan kembali tentang apa, bagaimana, dan mengapa PAKEMI! Kemudian kita diingatkan kembali tentang teknik penyusunan silabus dan RPP, seperti berikut:
- Contoh format Silabus
SILABUS
NAMA SEKOLAH : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MATA PELAJARAN : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
KELAS/SEMESTER : . . . /. . .
ALOKASI WAKTU : . . . JAM PELAJARAN
S K | K D | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER |
Tuliskan standar kompetensi dari KD yang dibuat silabusnya. Penulisannya bisa di atas KD, bisa di dalam kolom (di samping KD). | Tuliskan KD yang dibuat silabusnya. | Ditulis kata benda atau kata yang dibendakan sesuai dengan KD dan indikator. | 1. Berfokus pada siswa. 2. Siswa aktif. 3. Merupakan pengalaman belajar. 4. Merupakan langkah-langkah untuk mencapai indikator dan KD. 5. Jumlah langkahnya minimal sama dengan jumlah indikator. | 1. Merupa-kan penja-baran dari KD. 2. Menggunakan kata kerja operasi-onal. | 1. Ditulis bentuk/ teknik/ jenis penilaian 2. Untuk mengu-kur indika-tor dan KD. Contoh: Tes (tulis, lisan, kinerja) 5 soal PG (terlampir di RPP) Nontes Sklala Sikap | Ditulis alokasi waktu untuk masing-masing KD. | Ditulis media cetak/ elektro-nika/ lingkungan yang sesuai dengan KD. |
2. Adapun contoh format RPP seperti berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN :
KELAS/SEMESTER :
ALOKASI WAKTU : Jam Pelajaran
STANDAR KOMPETENSI:
Tuliskan SK sesuai dengan KD RPP berikut. (Sesuai silabus)
KOMPETENSI DASAR:
Tuliskan KD yang dibuat RPP berikut. (Sesuai silabus)
INDIKATOR:
Tuliskan indikator dari KD tersebut. (Sesuai silabus)
TUJUAN PEMBELAJARAN:
· Tuliskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD/Indikator tersebut.
· Alternatif:
- merupakan rincian dari indikator;
- beberapa indikator menjadi satu tujuan;
- seluruh indikator menjadi satu tujuan;
- sama dengan indikator.
MATERI PEMBELAJARAN:
· Tuliskan kata benda atau kata yang dibendakan sesuai dengan KD dan indikator.
· Ditulis lebih rinci bila dibandingkan dengan silabus.
· Bila materi berupa bacaan, bisa dituliskan judul dan sumber bacaan tersebut.
METODE PEMBELAJARAN:
Tuliskan metode yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
· Ditulis per-pertemuan.
· Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
· Setiap kegiatan dirinci, lebih rinci dari pada silabus.
· Merupakan langkah-langkah untuk mencapai indikator dan KD.
· Berfokus pada siswa.
· Siswa aktif.
· Merupakan pengalaman belajar.
· Bervariasi (pendekatan, metode, strategi, materi)
· Ada keseimbangan empat keterampilan berbahasa, minimal muncul tiga aspek dan keterpaduan dengan unsur kesastraan atau kebahasaan. (Khusus Bahasa Indonesia).
A. Kegiatan Pendahuluan:
- Ada kegiatan guru untuk menggugah skemata siswa.
- Ada kegiatan guru untuk memotivasi siswa.
- Ada kegiatan guru untuk menginformasikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti:
· Berfokus pada siswa, jadi siswa aktif.
· Merupakan pengalaman belajar.
· Rinci dan sistematis.
· Langkah-langkah untuk mencapai indikator dan KD.
· Khusus mata pelajaran BI: ada keseimbangan empat aspek keterampilan berbahasa dan keterpaduan dengan komponen kebahasaan dan kesastraan.
C. Kegiatan Penutup:
- Ada kegiatan refleksi.
- Ada kegiatan simpulan (hasil pembelajaran).
- Ada kegiatan pengayaan (terhadap indikator/KD yang dipelajari), misalnya dengan memberikan tugas atau PR yang berkaitan dengan indikator atau KD yang dipelajari.
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Alat/Bahan:
Tuliskan alat atau bahan yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai indikator atau KD tersebut. Misalnya: TV, radio, tape recorder, teks (puisi, prosa, drama). IPA: mikroskop = alat, cairan = bahan.
- Sumber Belajar:
· Tuliskan sumber belajar yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai indikator atau KD tersebut. Misalnya: media cetak (buku, majalah, koran, buletin, tabloit, dll.); media elektronika (radio, televisi, internet); media lingkungan (taman, pasar, dll.), narasumber (polisi, guru, dokter, dll.)
· Data sumber ditulis lebih lengkap bila dibandingkan dalam silabus.
PENILAIAN
A. Tes atau nontes
· Tuliskan jenis dan bentuk tes yang akan dilakukan sesuai indikator dan KD.
· Misalnya: tes tulis 5 soal PG dan 2 soal uraian, tes lisan, tes kinerja, dst. Atau: nontes, skala sikap.
B. Soal/Tugas
· Tuliskan soal tes untuk masing-masing tes yang akan dilakukan.
· Tuliskan juga tugas untuk soal kinerja atau portofolio.
C. Kunci/Alternatif Jawaban
· Tuliskan kunci jawaban untuk masing-masing soal tes.
· Bila jawabannya merupakan alternatif, tuliskan juga contoh jawaban sebagai alternatif jawaban.
D. Skor dan Rubrik
· Skor: ditulis untuk soal yang jawabanya sudah pasti.
· Rubrik: dibuat untuk soal atau tugas yang jawabannya merupakan alternatif.
Pedoman Pengamatan Kelompok:
Dibuat bila kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi.
Thanks a lot to both Mr. Zainullah and Mr. Totok Supriyanto
We hope can always share about teaching and learning improvement!
Semoga melalui penyegaran-penyegaran seperti itu, Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Inovatif (PAKEMI) dapat ditumbuhkembangkan demi kemajuan pembelajaran di Indonesia.
Salut buat P.Agus W. ( Kasek SDN Blimbing 3 Mlg)
BalasHapusSemoga hobi IT ini menjadi semangat untuk saya.Trims infonya.semoga bermanfaat.
Buat P.Agus. saya undang Bpk di :pakguruanwar.blogspot.com .jika berkenan saya akan mengunduh beberapa tulisan2 Bpk.untuk menjadi suport bagi kami. trims.Bravo Guru Indonesia
BalasHapusSelamat juga bwt P. Anwar! selamat berkreasi dan berinovasi, demi kemajuan pendidikan
BalasHapus