11 Oktober 2010

Cara konfigurasi pegaturan komentar di blogspot?

Sebuah tulisan dari Pak Shamsu menjadi jawaban pertanyaan...

Terima kasih Pak Shamsu..., Tulisan lengkap ada di blog Pak Shamsu
Pada topik kali ini, kita akan membahas cara konfigurasi setting/ pengaturan komentar di blogger/blogspot. Komentar memiliki peranan penting dalam menjalankan aktivitas blogging, memberi/membalas komentar adalah hal paling penting dalam berkomunikasi dengan para pembaca blog kamu. Mereka para pembaca blog bisa berdialog antar penulis atau pembaca lainnya lewat kolom komentar. Tergantung apa yang kamu tulis pada postingan kamu, setiap komentar yang masuk baik komentar positive atau negative adalah sebuah respon dan sebuah apresiasi pembaca tentang tulisan yang dibacanya. Jadi, mengatur komentar adalah hal yang wajib dilakukan agar kiranya komentar dapat ter-urus dengan baik.

Sebelum kita mulai untuk meng-konfigurasi komentar kita, pastikan kamu telah:
1. Login/Masuk ke akun blog kamu.
2. Setelah masuk ke halaman Dashboard, klik >> Pengaturan.
3. Pada tab (bagian pengaturan) klik >> Komentar.
Photobucket

*Klik pada gambar untuk memperbesar!
1. Komentar: maka pilih saja ‘Tampilkan’.

2. Siapa yang Bisa Berkomentar?

3. Penempatan Formulir Komentar.

4. Default Komentar Untuk Entri.

*Bila kamu pada langkah sebelumnya yaitu 1.Komentar memilih untuk Menampilkan Komentar maka kamu pilih saja ‘Entri Baru memiliki komentar’. Tetapi bila pada langkah 1.Komentar kamu memilih untuk tidak menampilkan komentar maka kamu pilih saja ‘Entri Baru Tidak Memiliki Komentar’.

5. Link Balik.
Pilih saja ‘Tampilkan’ untuk menampilkan, pilih ‘Sembunyikan’ jika tidak ingin ditampilkan.

6. Default link balik untuk posting.

7. Format Timestamp Komentar:
Setiap komentar yang masuk ke posting kamu, maka waktu kapan si pemberi komentar meninggalkan komentarnya akan tertera di atas komentarnya.

8. Pesan Formulir Komentar.
Pada bidang ini, kamu bisa memberikan pesan kepada orang yang ingin berkomentar. Pesan ini akan muncul langsung diatas formulir komentar. Untuk membuat pesan ini, tulis isi pesan kamu dikotak penulisan yang ada disebelah kanan. Contoh umum yang biasa saya isi adalah: “Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – TC > Agung Keren. Kamu bisa membuat pesan kamu sendiri dengan kata-kata yang unik dan lucu, pastinya membuat senang orang yang akan memberikan komentar.

9. Moderasi Komentar.
Pada bidang ini, kamu dapat memilih apakah setiap orang meninggalkan komentar harus kamu moderasikan atau tidak.

10. Tampilkan verifikasi kata untuk komentar?
Pada bidang ini, kamu bisa mengatur apakah orang yang berkomentar setelah mengisi formulir komentar, orang tersebut bisa langsung mengirimnya atau harus melakukan verifikasi lagi dengan memasukkan nomor acak/captcha terlebih dahulu.

11. Tampilkan Gambar Profil dalam Komentar?
Ini adalah pilihan, apakah komentar yang masuk akan menampilkan gambar sipembuat komentar atau tidak.

12. Email Pemberitahuan Komentar.
Pada bidang ini kamu bisa memasukkan alamat e-mail hingga 10 alamat e-mail yang mana ini akan memberitahukan setiap kali orang meninggalkan pesan/komentarnya.

Klik tombol >> “SIMPAN SETELAN” untuk menyimpan seluruh setelan/pengaturan yang telah kamu buat di Pengaturan>Komentar. Bila tidak kamu klik, maka apapun perubahan yang telah dibuat tidak akan di simpan alias kembali ke setelan sebelumnya.

That's enough, thanks Mr. Shamsu in http://samsoe.blogdetik.com/2009/08/17/cara-konfigurasi-pegaturan-komentar-di-blogspot/

1 komentar:

Program PKP berbasis Zonasi

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi Dalam beberapa bulan terakhir, banyak guru dari SD dan SMP yg mengikuti Peningkatan K...