TELAAH FILOSOFIS MATA
PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
File lengkap dapat diunduh di sini
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan
cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan
dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk
mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam
kehidupan sehari-hari.
Secara filosofis, IPA dapat ditelaah dari sudut pandang ontologi, epistemologi, dan aksiologi.
1. Telaah Ontologis
Ontologi juga disebut Metafisika adalah cabang filsafat yang
mempersoalkan tentang hakikat yang tersimpul di belakang dunia fenomena,
teologi, kosmologi, dan antropologi
http://wikipedia.org menyebutkan bahwa lmu alam (bahasa Inggris: natural
science; atau ilmu pengetahuan alam) adalah istilah yang digunakan yang merujuk
pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah
benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum,
berlaku kapan pun dimana pun. Lebih lanjut
dijelaskan bahwa Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit
merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu
fisik) dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical
sciences adalah ilmu-ilmu asronomi, kimia, geologi, mineralogi,
meteorologi, dan fifika, sedangkan life science meliputi anatomi,
fisiologi, zoologi, citologi, embriologi, dan mikrobiologi.
2. Telaah
Epistemologi
Epistemologi
ialah cabang filsafat yang membahas atau mengkaji asal, struktur, metode, serta
keabsahan pengetahuan.
Ada 4 tahap
perkembangan alam pikiran manusia sampai lahirnya IPA, yaitu: mitos, penalaran
(rasionalisme), eksperimentasi (empirisme), dan metode keilmuan, dalam http://nurma.staff.uns.ac.id/files/2009/02/hakekat-ipa.pdf.
3. Telaah Aksiologi
Aksiologi adalah
cabang filsafat yang mempelajari nilai, yaitu etika dan estetika.
Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 22
tahun 2006, IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan
manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat
diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan
secara bijaksana agar
tidak berdampak buruk
terhadap lingkungan. Di tingkat
SD/MI diharapkan ada
penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada
pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.
Lebih lengkap ...Download! Thanks. Selamat Belajar...Sukses selalu....
Daftar Rujukan
---.---. Kedudukan ilmu
pengetahuan alam (IPA). http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_alam#Kedudukan_ilmu_pengetahuan_alam_.28IPA.29. (diakses tanggal 28 Januari 2012)
---. 2009. Hakekat IPA. http://nurma.staff.uns.ac.id/files/2009/02/hakekat-ipa.pdf.
(diakses tanggal 28 Januari 2012)
Peraturan Pemerintah RI
Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar