14 Oktober 2008

Hasil Penelitian Pembelajaran Berbasis ICT SMPN 18 Malang

Hingga tahun pelajaran 2006/2007, telah dilakukan penelitian efektifitas pembelajaran berbantuan komputer khususnya bidang studi sains bagi siswa SMP Negeri 18 Malang. Hasil-hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
1. Penelitian tentang media pembelajaran interaktif keanekaragaman hewan berbasis internet bagi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang tahun 2004/2005. Penelitian ini menggunakan teknik angket yang didistribusikan kepada siswa kelas VII tahun pelajaran 2004/2005. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh prosentase skor total siswa adalah 86,50%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai minat untuk belajar interaktif keanekaragaman hewan berbasis internet, karena berdasarkan tabel nilai indikator 67,00 - 100% berkategori mendukung.
2. Penelitian Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Osmosis pada Tumbuhan untuk meningkatkan motivasi dan Pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang tahun 2006/2007
Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer pada materi osmosis pada tumbuhan dan pembahasan, maka temuan penelitian ini adalah bahwa siswa termotivasi untuk belajar osmosis pada tumbuhan melalui pembelajaran berbantuan komputer, karena persentase skor total siswa adalah 87,95% dan berdasarkan tabel nilai indikator 67,00 - 100% berkategori mendukung. Namun apabila diperhatikan berdasarkan skor yang diperoleh tiap siswa, terdapat 5 siswa dengan skor antara 34,00 – 66,99 atau berkategori cukup mendukung. 5 siswa tersebut yaitu siswa nomor 14 dengan skor 66,67%, siswa nomor 96 dengan skor 50%, siswa nomor 97 dengan skor 66,67%, siswa nomor 108 dengan skor 58,33%, dan siswa nomor 124 dengan skor 66,67%.
Aspek pemahaman belajar siswa terhadap materi osmosis pada tumbuhan melalui pembelajaran berbantuan komputer, diketahui bahwa berdasarkan rata-rata hasil prates dan pascates pembelajaran rata-rata total seluruh kelas terjadi peningkatan sebesar 39,47. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi osmosis pada tumbuhan meningkat melalui pembelajaran berbantuan komputer.
Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti melakukan refleksi sebagai berikut:
a. Secara umum proses pembelajaran osmosis berbantuan komputer dapat meningkatkan motivasi dan meningkatkan pemahaman belajar siswa.
b. Media pembelajaran ini perlu dikembangkan lagi agar lebih mudah dipahami oleh siswa.
c. Perlu adanya observer dalam pembelajaran untuk mendapatkan data aktifitas siswa selama proses pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program PKP berbasis Zonasi

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi Dalam beberapa bulan terakhir, banyak guru dari SD dan SMP yg mengikuti Peningkatan K...