10 Oktober 2009

Pembinaan Profesi Guru melalui KKG

Menurut http://yulianti200784.blogspot.com/2009/05/meningkatkan-profesional-guru-melalui.html

KKG sebagai kelompok kerja seluruh guru dalam satu gugus, pada tahap pelaksanaannya dapat dibagi ke dalam kelompok kerja guru yang lebih kecil, yaitu kelompok kerja guru berdasarkan jenjang kelas, dan kelompok kerja guru berdasarkan atas mata pelajaran. Untuk itu KKG memiliki tujuan, (1) memfasilitasi kegiatan yang dilakukan di pusat kegiatan guru berdasarkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru, (2) memberikan bantuan profesional kepada para guru kelas dan mata pelajaran di sekolah, (3) meningkatkan pemahaman, keilmuan, keterampilan serta pengembangan sikap profesional berdasarkan kekeluargaan dan saling mengisi (sharing), (4) meningkatkan pengelolaan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem).
Melalui KKG dapat dikembangkan beberapa kemampuan dan keterampilan mengajar, seperti yang di ungkapkan Turney (Abin, 2006), bahwa keterampilan mengajar guru sangat mempengaruhi terhadap kualitas pembelajaran di antaranya; keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil dan perorangan.

Berikut hasil penelitian tentang
Pembinaan Profesional Guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus III SD No. 14 Gurun Lawas Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, dari http://one.indoskripsi.com/..semoga dapat kita jadikan bahan pembelajaran!

...Pembahasan...

Pada bagian pembahasan ini akan dianalisa tentang pelaksanaan Kegiatan KKG dan aspek pembinaan Profesional yang diberikan dalam pelaksanaan KKG.

1. Pelaksanaan KKG.
a. Jadwal Pelaksanaan KKG.
... Mengenai penyusunan Jadwal KKG yang disusun oleh peraangkat gugus, dari hasil obeservasi dan wawancara yang dilakukan. Didapat gambaran bahwa, jadwal KKG disusun oleh perangkat Gugus tanpa dimusyawarahkan dengan guru selaku peserta KKG. dst...

b. Partisipasi Peserta KKG
...Berdasarkan itulah guru sebagai peserta KKG dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan KKG. Karena dengan keaaktifan guru tersebut menjadikan segala hal permasalahan yang mereka hadapi di kelas ataupun segala hal yang tidak mereka pahami dalam pelaksanaan KKG dapat dibahas secara bersama...

c. Narasumber Dalam Pelaksanaan KKG.
...Dalam pedoman pelaksanaan Sistem Pembinaan profesional Guru Sekolah Dasar, menjelaskan bahwa unsur-unsur ketenagaan Sistem Pembinaan profesional Seperti pengawas, Kepala Sekolah dan Tutor berperan serta dalam mengelola organisasi Gugus termasuk memberikan pembinaan dalam kegiatan KKG. dst...
...
d. Pendanaan Kegiatan KKG
...Perangkat Gugus juga mengakui keterbatasan alokasi dana untuk pelaksanaan KKG. Sudah seharusnya pihak pihak terkait memperhatikan kebutuhan pendanaan untuk pelaksanaan KKG ini, karena KKG merupakan salah satu wadah untuk menjadikan Guru Sekolah Dasar lebih profesional.

2. Aspek Pembinaan Profesional Dalam Kegiatan KKG.
A. Penguasaan Kurikulum.
B. Penguasaan Materi
C. Penguasaan Metoda dan Teknik Evaluasi.
D. Komitmen Guru Terhadap Tugas.
E. Disiplin Dalam Arti Luas.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di Gugus III SD 14 Gurun Lawas mengenai pembinaan profesional melalui kegiatan KKG , peneliti dapat mengambil kesimpulan, yakni sebagai berikut.
1. Pelaksanan KKG di Gugus III SD No. 14 Gurun Lawas yang diadakan dua kali dalam sebulan dinilai kurang dan tidak sesuai dengan pedoman Dirjen pendidikan dasar yang mengharuskan pelaksanaan KKG minimal sekali dalam seminggu
2. Dalam setiap pelaksanaan kegiatan KKG, tingkat keaktifan guru amatlah rendah. Padahal salah satu tujuan KKG adalah sebagai wadah untuk memecahkan segala permasalahan yang ditemui guru di kelas.
3. Narasumber dalam pelaksanaan KKG diberdayakan dari perangkat Gugus yang terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah dan Tutor yang tergabung dalam satu Gugus, sehingga penyajian materi dalam pelaksanaan KKG lebih mudah dilakukan karena narasumber lebih mengenal karakteristik peserta KKG.
4. Untuk memonitoring penerapan hasil pelaksanaan KKG, diadakan Supervisi Silang oleh Kepala Sekolah yang tergabung dalam lingkup Gugus.
5. Anggaran dana bagi pelaksanaan KKG bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), anggaran dana yang diberikan dinilai tidak mencukupi untuk pelaksanaan KKG, sehingga Perangkat Gugus terpaksa memaksimalkan dana yang tersedia untuk pelaksanaan KKG dengan segala keterbatasan yang ada
6. Pembinaan profesional yang diberikan dalam pelaksanaan KKG hanya terbatas kepada aspek peningkatan mutu pembelajaran, sedangkan aspek pembinaan mengenai Komitmen guru dan peningkatan disiplin tidak menjadi kajian utama.

B. Saran.
Berdasarkan temuan penelitian yang peneliti lakukan di Gugus III SD 14 Gurun Lawas mengenai Pembinaan Profesional melalui kegiatan KKG. Maka peneliti ingin menyampaikan beberapa sumbang saran kepada pihak yang terkait, antara lain:
1. Sebaiknya Kuantitas pelaksanaan KKG ditingkatkan sesuai dengan aturan minimal yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Dikarenakan salah satu tujuan KKG untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru di kelas, hendaknya guru berpartisipasi aktif dalam setiap pelaksanaan kegiatan KKG.
3. Alokasi dana untuk pelaksanaan KKG hendaknya rancang ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan dari pelaksanaan KKG.
4. Sebaiknya 5 kemampuan dasar bagi guru profesional yang ditetapkan oleh Dirjen Dikdasmen, menjadi fokus utama dalam kegiatan KKG.

Secara lengkap baca di http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/skripsi-lainnya/pembinaan-profesional-guru-melalui-kelompok-kerja-guru-kkg-di-gugus-iii-sd-no-14-gurun-lawas-ke
terima kasih http://one.indoskripsi.com dan http://yulianti200784.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program PKP berbasis Zonasi

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi Dalam beberapa bulan terakhir, banyak guru dari SD dan SMP yg mengikuti Peningkatan K...