5 Desember 2008

Hasil Penelitian Pembelajaran IPA dan ICT

Untuk menunjang literatur tentang pembelajaran, kita dapat membaca beberapa situs yang memuat tentang artikel hasil penelitian pendidikan dan pembelajaran maupun ulasan ilmiah. Situs yang dapat dikunjungi antara lain: http://edu-articles.com/ yang berisi kumpulan artikel pendidikan dan pembelajaran.

http://wijayalabs.multiply.com/journal/item/145 menuliskan hasil penelitiannya tentang PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ICT DI KELAS AKSELERASI MELALUI METODE CTL DAN PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO. Hasil penelitian tersebut bisa kita gunakan sebagai salah satu acuan, apabila kita ingin menuliskan karya tulis pembelajaran. Terima kasih Wijaya Labschool.

PEMBELAJARAN IPA selama ini telah menjadi momok dari siswa SD hingga sekolah lanjutan. Hal ini sangat wajar, karena banyak konsep atau topik yang abstrak sehingga sulit diajarkan dan dipelajari oleh siswa. Apalagi sarana penunjang seperti alat peraga sulit didapatkan akan memperumit persoalan tersebut. Dengan kenyataan yang ada, jangan heran bila banyak guru merasa kesulitan dalam menentukan metode yang tepat dalam mengajarkan konsep-konsep abstrak ini. Lebih lengkap dapat dibaca di
http://www.radarsemarang.com/community/artikel-untukmu-guruku/2137-konstruksi-pembelajaran-ipa-yang-menarik.html.

Ada lagi nih, hasil penelitian di http://www.teknologipendidikan.net/penerapan-model-pembelajaran-interaktif yang menyebutkan hasil penelitian penerapan Pembelajaran Interaktif IPA di SD, juga bisa kita jadikan literatur. Terima kasih Teknologi Pendidikan.net.

Karya Tulis Pembelajaran IPA yang lain ada di http://asuro-awielampung.blogspot.com/2008/03/stad-untuk-pembelajaran-ipa.html tentang STAD untuk Pembelajaran IPA. selamat membaca!

semoga bisa kita dapatkan literatur-literatur yang lain! Bravo Pendidikan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program PKP berbasis Zonasi

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi Dalam beberapa bulan terakhir, banyak guru dari SD dan SMP yg mengikuti Peningkatan K...